F. IDENTIFIKASI FUNGSI

Identifikasi fungsi-fungsi yang diperlukan setiap sasaran :

1.Sasaran – 1

Mengembangkan KTSP, silabus, dan RPP berdasarkan kedalaman isi.
Komponen yang diperlukan :

Internal :
a.Kompetensi profesional guru
b.Kompetensi profesional kepala sekolah
c.Standar isi
d.Kurikulum muatan lokal
e.Kurikulum pendidikan lingkungan hidup
f.Kurikulum pendidikan kecakapan hidup

Eksternal :
a.Sarana (komputer dan ATK)
b.Dana
c.Komite sekolah

2.Sasaran – 2

Mengembangkan pelaksanaan pembelajaran interaktif, inspiratif, memotivasi, menyenangkan dan menantang.
Komponen yang dibutuhkan :

Internal :
a.Motivasi belajar guru
b.Komitmen kepala sekolah
c.Nara sumber
d.Standar nasional pendidikan
e.Motivasi belajar siswa

Eksternal :
a.Prasarana (ruang dan lahan sekolah)
b.Sarana (alat peraga dan media pembelajaran)
c.Partisipasi orang tua/wali murid
d.Dana

3.Sasaran – 3

Meningkatkan standar kompetensi lulusan.
Komponen yang diperlukan :

Internal :
a.Komitmen siswa
b.Kompetensi pedagogik guru
c.Kompetensi wawasan kependidikan dan manajemen kepala sekolah
d.Keragaman metode pembelajaran
e.Keragaman media pembelajaran

Eksternal :
a.Peran serta orang tua/wali murid
b.Dana
c.Kerja sama dengan Lembaga bimbingan belajar

4.Sasaran – 4

Meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik dan kependidikan.
Komponen yang harus ada meliputi :

Internal :
a.Kualifikasi akademik guru
b.Kualifikasi akademik tenaga tata usaha
c.Kualifikasi penjaga sekolah
d.Kompetensi profesional kepala sekolah
e.Peraturan pemerintah
f.Peraturan menteri pendidikan
g.Peraturan walikota

Eksternal :
a.Pengawas TK/SD
b.Pengawas Pendidikan Agama
c.UPTD BPS
d.Komite Sekolah
e.Perguruan Tinggi
f.Akademisi
g.Dana

5.Sasaran – 5

Memenuhi sarana dan prasarana pendidikan yang menunjang kelancaran proses pembelajaran.
Komponen yang dibutuhkan :

Internal :
a.Dana
b.Ketersediaan lahan
c.Pengadaan ruang
d.Standar Pelayanan Minimal
e.Partisipasi orang tua/wali murid
f.Kompetensi profesional kepala sekolah
g.Komite Sekolah

Eksternal :
a.UPTD BPS
b.Dinas Pendidikan Kota
c.Pemerintah Kota Surabaya

6.Sasaran – 6

Mengembangkan model rintisan MBS dalam pengelolaan pendidikan.
Komponen yang diperlukan :

Internal :
a.Tersedianya rumusan rencana strategis sekolah.
b.Tersusunnya RAPBS.
c.Dana.
d.Kompetensi wawasan kependidikan dan manajemen kepala sekolah.
e.Tersedianya program kerja komite sekolah.
f.Partisipasi orang tua/wali murid.

Eksternal :
a.Nara sumber (LPM Perguruan Tinggi)
b.Dinas Pendidikan Kota
c.Pemerintah Kota

7.Sasaran – 7

Menggalakkan partisipasi masyarakat.
Komponen yang dibutuhkan:

Internal:
a.Tersusunnya AD/ART Komite Sekolah.
b.Tersedianya Program Kerja Komite Sekolah.
c.Kompetensi sosial kepala sekolah.
d.Kompetensi kepribadian guru.
e.Ketersediaan RAPBS.
f.Tersusunnya RPS.
g.Tersusunnya proposal.
h.Peran serta orang tua/wali murid.
i.Dana

Eksternal:
a.Dunia usaha
b.Kepedulian alumni.

8.Sasaran – 8

Mengembangkan teknik penilaian hasil belajar
Komponen yang diperlukan:

Internal:
a.Pedoman penilaian
b.Standar isi
c.Kompetensi pedagogik guru
d.Kompetensi profesional kepala sekolah.
e.Motivasi siswa.
f.Sarana (ATK)
g.Dana
h.Ketersediaan kalender pendidikan.

Eksternal:
a.Pengawas TK/SD
b.Pengawas Pendidikan Agama
c.Standar Ketuntasan Belajar Mengajar (SKBM)
d.Standar Kelulusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s