C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN 1 (SATU) TAHUN KE DEPAN


6.Kesiswaan

a.Penerimaan siswa baru didasarkan atas kriteria yang jelas, tegas dan dipublikasikan.
b.Siswa memiliki tingkat kesiapan belajar yang memadai, baik mental maupun fisik.
c.Memiliki program yang jelas tentang pembinaan, pengembangan, dan pembimbingan siswa.
d.Memberi kesempatan yang luas kepada siswa untuk berperan serta dalam penyelenggaraan upaya sekolah untuk peningkatan prestasi.
e.Melakukan evaluasi belajar dengan cara-cara yang memenuhih persyaratan evaluasi.

7.Pembiayaan

a.Menyediakan dana pendidikan yang cukup dan berkelanjutan untuk menyelenggarakan pendidikan di sekolah.
b.Menghimpun/menggalang dana dari potensi sumber dana yang bervariasi.
c.Mengelola dana pendidikan secara transparan, efisien dan akuntabel sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah.
d.Dalam mengalokasikan dana pendidikan, SDN Ketintang I/409 berpegang pada prinsip keadilan dan pemerataan.

8.Hubungan Masyarakat

a.Hubungan dengan masyarakat, baik menyangkut substansi maupun strategi pelaksanaannya, ditulis dan dipublikasikan secara eksplisit dan jelas.
b.Melibatkan dan memberdayakan masyarakat dalam pendidikan di sekolah melalui pengembangan model-model partisipasi masyarakat sesuai tingkat kemajuan masyarakat.

9.Kultur Sekolah

Sekolah dapat menumbuhkan dan mengembangkan budaya/kultur yang kondusif bagi peningkatan efektifitas sekolah pada umumnya dan efektifitas pembelajaran pada khususnya, yang dibuktikan oleh; berpusat pada pengembangan peserta didik lingkungan belajar yang kondusif, penekanan pada pembelajaran, profesionalisme, harapan tinggi, keunggulan, respek terhadap setiap individu warga sekolah; keadilan, kepastian, budaya korporasi atau kebiasaan bekerja jadi masyarakat belajar, wawasan masa secara kolaboratif/kolektif, kebiasaan mendepan yang sama, perencanaan bersama, kolegialitas, tenaga kependidikan sebagai pembelajar.

STANDAR PROSES

1.Pengelolaan Aspek

a.Dilaksanakan aspek dan fungsi manajemen secara utuh, meliputi aspek kurikulum, pendidik, siswa, sarana dan prasarana, dana dan hubungan masyarakat dan fungsi manajemen sekolah yang dimaksud meliputi: pengambilan keputusan, pemformulasian tujuan dan kebijakan, perencanaan, pengorganisasian, penstafan, pengkomunikasian, pelaksanaan, pengkordinasian, pensupervisian, dan pengontrolan.

b.Menetapkan manajemen berbasis sekolah yang menerapkan prinsip-prinsip kemandirian, partisipasi, transparansi, akuntabilitas, keluwesan, kewenangan dan tanggung jawab lebih besar pada sekolah.

c.Memiliki rencana pengembangan sekolah yang bersifat strategis dan operasional.

d.Kemitraan dengan komite sekolah kuat yang dapat dilihat dari besarnya dukungan, baik finansial, moral, jasa (pemikiran, keterampilan), dan barang/benda.

e.Menerapkan kepemimpinan visioner/transformatif dalam :
1.Merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran yang secara jelas ditulis,
dipublikasikan, dan diartikulasikan ke seluruh kelompok kepentingan
sekolah.
2.Meyakini bahwa sekolah adalah tempat untuk belajar yang di-
buktikan oleh iklim/kultur sekolah yang kondusif untuk belajar.
3.Menghargai bawahan yang dibuktikan oleh penghargaan terhadap
nilai-nilai inti kemanusiaan seperti misalnya solidaritas, kasih sayang,
kebersamaan, keharmonisan, keadilan, dan kesopanan.
4.Memberdayakan warga sekolah yang dibuktikan oleh upaya-upaya
konkret dalam peningkatan kemampuan dan kesanggupan kerja, pem-
berian kewenangan dan tanggung jawab, pemberian kepercayaan
dan memfasilitasi bawahan.
5.Berpikir dan bertindak secara proaktif, komunikatif, dan berani
mengambil resiko.

2.Proses Pembelajaran

a.Pro-perubahan yaitu yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan daya, kreasi, inovasi, nalar dan eksperimental untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru (joy discovery).

b.Menekankan pada pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM), student centered, reflective learning, dan active learning.

3.Administrasi

a.Pembagian tugas
b.Struktur organisasi sekolah yang mengikuti pembagian tugas
c.Hirarki otoritas jelas
d.Pembagian kewenangan dan tanggungjawab yang jelas
e.Koordinasi yang dilakukan secara teratur
f.Aturan prosedur dan mekanisme kerja yang jelas
g.Hubungan struktural dan fungsional yang jelas
h.Administrasi yang rapi, efisien, dan efektif pada lingkup proses belajar
mengajar, kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana (perpustakaan,
peralatan, perlengkapan, bahan, tata persuratan dan kearsipan dsb),
keuangan, dan hubungan sekolah-masyarakat.
i.Membuat dan menegakkan peraturan sekolah secara adil, teratur dan
berkesinambungan.

STANDAR OUTPUT LULUSAN
1.Kemampuan mengembangkan jati diri sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia serta integritas moral dan akhlak yang tinggi.
2.Kemampuan belajar sepanjang hayat secara mandiri yang ditunjukkan dengan kemampuan mencari, mengorganisasi dan memproses informasi untuk kepentingan kini dan nanti serta kebiasaan membaca dan menulis dengan baik.
3.Pribadi yang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan yang ditunjukkan dengan kesediaan menerima tugas, menentukan standar dan strategi tersebut, dan bertanggung jawab terhadap hasilnya.
4.Kemampuan berpikir ilmiah, kritis, kreatif, inovatif, dan eksperimentatif untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru atau ide-ide baru yang belum dipikirkan sebelumnya.
5.Penguasaan tentang diri sendiri sebagai pribadi (intra personal/kualitas pribadi).
6.Penguasaan materi pelajaran yang ditunjukkan dengan kelulusan ujian akhir sekolah.
7.Penguasaan teknologi dasar (konstruksi, manufaktur, transportasi, komunikasi, energi bio, dan bahan).
8.Kemampuan mengkomunikasikan ide dan informasi kepada orang lain.
9.Kemampuan mengelola kegiatan (merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi).
10.Kemampuan memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.’
11.Terampilnya mengaplikasikan dasar-dasar ICT.
12.Memahami budaya/kultur Indonesia (lintas budaya antar suku/pulau).
13.Kepedulian terhadap lingkungan sosial, fisik dan budaya.
14.Menghasilkan karya yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s